9 Februari 2010

Perlengkapan baby newborn

Buat para new moms pasti dah pada mulai sibuk mikirin perlengkapan bayi,,kadang pusing,mikirin banyaknya perlengkapan bayi yang harus dibeli secara lom ada pengalaman..
sebagai mom to be juga,,mo coba bikin list nih,, ini list didapatkan dari googlong, nanya2, plus konsultasi ma ortu...Jumlah per-itemnya disesuaikan ma kebutuhan minimal dan ada beberapa perlangkapan yang tidak perlu dibeli menurut aku..
oke...semoga bermanfaat yah...

  • baju dan perlengkapannya
  1. 2 lusin popok kain
  2. 1/2 lusin gurita
  3. 1 lusin kain bedong
  4. 1/2 lusin celana tutup kaki
  5. 1/2 lusin celana panjang
  6. 12 buah celana pendek/pop/kacamata
  7. 1/2 lusin baju tanpa lengan
  8. 1/2 lusin baju lengan pendek
  9. 1/2 lusin baju lengan panjang
  10. 6 pasang sarung tangan-kaki
  11. 2 lusin alas ompol
  12. 1/2 lusin singlet/kaus dalam
  13. 1 sepatu bayi
  14. 3 bip/slubber/tadah liur
  15. 1 jaket
  16. 5 jumper
  17. 3 topi
  18. 6 pasang kaos kaki
  19. 2 baju untuk usia 3 bulanan
  20. cloth diaper
  21. pampers new born 
popok kain itu popok yang ada tali di sampingnya, gurita beli dalam jumlah sedikit saja karena cuma dipakai sampai bayi lepas pusar. Kain bedong, tetap dibutuhkan tidak hanya untuk membedong tapi juga sebagai alas tidur dan selimut, beli yang bahannya halus dan kain yang biasa digunakan adalah kain flanel dan katun.
Ketika membeli baju dan celana bayi pilihlah yang bahannya lembut dan dapat menyerap keringat, merk fuffy dan nova termasuk yang direkomendasikan. Alas ompol merupakan alas yang ukurannya lebih kecil dari bedong, sekarang ini sedang booming alas ompol renata yang mempunyai daya serap yang bagus, alas ompol ini bisa digunakan sebagai pelapis popok kain agar pipis dan pup bayi tidak merembes/meluber kemana-mana untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini. Jumper adalah baju terusan dari atas sampai bawah ada juga yang sampai tutup kaki, biasanya digunakan bayi saat tidur atau keluar ke lingkungan terdekat.
Cloth diaper  (clodi) adalah pengganti pospak (popok sekali pakai) / pampers, bentuknya hampir sama dengan pampers dan besar kecil ukuran paha dan pinggangnya dapat diatur dengan menggunakan snap (kancing) / velcro. Di dalam clodi ada insert yang merupakan penampung pipis dan dapat menahan sampai 2 kali pipis atau pemakaian selama +/- 4 jam. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di artikel ini.
    • perlengkapan bayi
    1. baby boks
    2. lemari pakaian
    3. perlak kecil dan besar
    4. matras untuk boks
    5. tas bayi + tas botol susu
    6. 2 set bantal guling
    7. bantal peang
    8. selimut topi
    9. gendongan/baby sling/baby carrier
    10. car seat
    11. stroller
    12. sisir bayi
    13. gunting kuku khusus bayi
    14. sikat lidah
    15. hair lotion
    16. baby oil
    17. baby cologne
    18. bedak dan wadahnya
    19. minyak telon
    20. alkohol
    21. kain kassa
    22. cotton bud
    23. kassa steril
    24. kapas bulat
    25. jemuran gantung
    26. wadah popok kotor
    Boks bayi ada dua pilihan yang terbuat dari kayu atau jaring. Masing2 punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kalau terbuat dari kayu, lebih kokoh, awet dan mahal tentunya.Jika dari jaring maka bisa dilipat dan praktis dengan harga terjangkau.(klo aku, alhamdulillah dah ada lungsuran dari ponakan2, jadi g perlu beli. Yang aku pake ntar dari jaring, kenapa??karena baby cuma sebentar tidur di boks, paling cuma siang aja saat dia tidur dan supaya g makan tempat). Jika membeli boks dari kayu, maka jangan lupa  bumper (penahan disekeliling dinding boks). Perlak kecil digunakan di boks dan yang besar dapat ditaruh di kasur kita.
    Bantal peang adalah bantal yang punya lubang di tengahnya, bantal ini berguna sekali untuk menyempurnakan bentuk kepala baby. Gendongan bayi tetap dibutuhkan walaupun ada beberapa ibu-ibu yang merasa akan terlalu memanjakan bayi jika digendong gengan gendongan. tapi bayi yang baru lahir tentu akan lebih mudah digendong jika menggunakan alat bantu ini. beli yang standar aja, gendongan cincin, tapi pilihlah yang cincinnya kokoh dan kuat. Stroller dan car set, pilihlah yang kuat, ama dan sesuai budget ( 2 benda ini dibutuhkan klo hidup di kota besar, klo aku dalam waktu dekat belum amerencnakan untuk membeli 2 barang ini karena untuk awal2 kelahiran anakku akan berada di rumah orang tua yang berada di kota keciiil. Jadi mungkin akan terpikir untuk membelinya jika movew ke kota lain).
    Untuk peralatan mandi dan toilettries bayi, beli yang ukuran kecil saja supaya wanginya tetep tahan lama (jangan beli yang besar coz pasti dapat kado barang2 ini dehhhh...)
    • keperluan ibu menyusui
    1. bh menyusui
    2. breast pads
    3. bantal menyusui
    4. saputangan 
    5. nursing apron
    6. nipple cream
    7. botol susu
    8. cooler
    9. sterilizer  
    10. sikat botol
    11. breast pump
    Breast pads itu digunakan untuk melapisi di dalam bra agar air susu tidak merembes ke luar. Nursing appron merupakan cover yang digunakan saat kita menyusui di tempat umum.
    Untuk item no. 7 - 11, aku decide untuk g membelinya coz aku jadi full time mom sampai anakku usia 6 bulanan. Jadi saat back to work nanti, anakku sudah bisa mpasi( makanan pendamping asi))
      • perlengkapan mandi
      1. bak mandi
      2. alas bak mandi
      3. washlap
      4. handuk
      5. sabun bayi
      6. shampoo bayi
      7. tissu basah
      • perlengkapan ibu melahirkan
      1. pembalut khusus melahirkan
      2. baju dengan kancing bukaan depan
      3. celana dalam
      4. stagen
      5. gurita ibu
      Selamat berbelanja buat para new moms, rencanakn budget dari awal kehamilan dan buatlah list/daftar supaya tidak kalap dan overbudget... (semoga nasehat ini dapat dilaksanakan juga oleh diriku..)

      5 komentar:

      1. setauku sekarang pemakaian gurita tidak disarankan oleh para DSA karena bisa mengganggu pernafasan bayi. Sama halnya dengan bedak, partikel2 halusnya ditakutkan masuk paru2 atau alat genital/anus bayi. Kecuali kalo bedak cair atau padat katanya sih gak papa.

        BalasHapus
      2. iya, rencananya sih pake bedak yang cair atau compact gitu deh.. Untuk pemakaian gurita, sering denger juga soal larangan itu tapi tetep prepare aja deh lagian cuma ampe pusarnya lepas sekitar semingguan. dan makeinnya juga tidak sekencang kayak para mbah2 kita makein dulu...he5x
        thanks mo mampir

        BalasHapus
      3. waah udah mulai belanja yaa....hihih aku masih tunggu 3 minggu lagi...gak sabar neh.
        Aku masih bingung dengan byknya barang yang musti dibeli. takut kebanyakan ato malah kurang.Secara katanya baby itu cepet juga gedenya heheh...makasih ya info listnya ^^

        BalasHapus
      4. @lovelina
        beli secukupnya aja..pasti dapt kado deh...heheheeh

        BalasHapus
      5. hallo mbak, salam kenal yahh. main2 d blog ku juga yah mbak. :)

        BalasHapus