5 April 2012

Pilah-pilih dokter SPOG

Waktu hamil Arza, lebih dari dua tahun yang lalu saya hanya konsultasi ke 1 dokter kandungan. Rajiin banget, g ada pikiran buat ke dokter lain. Saya merasa cocok saja dan merasa enak karena beliau tahu riwayat kesehatan saya dan beliau juga yang menangani waktu saya keguguran. Waktu berlalu sampai akhirnya saya hamil anak kedua, yang didahului dengan kekacauan hormon..saya masih konsultasi dengan beliau. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk mencari dokter lain dengan alasan:
  • waktu anak pertama, beliau memprediksi bahwa anak saya keciil. G sampe 3 kg. Tapi ternyata arza lahir dengan bb=3,8kg.
  • waktu bulangustus saat saya konsultasi tentang haid yang tidak teratur (yang mana oleh bidan sudah dicurigai bahwa saya hamil) beliau dengan PD memastikan bahwa saya g hamil. Wakt saya meminta USG, beliau menolak...
Intinya sih saya agak kecewa..
Daaaann..petualangan saya dengan beberapa dokter spog pun dimulai...
  1. Saya memutuskan untuk menemui salah satu spog di RSUP dr. kariyadi. Saya pilih beliau setelah nanya2 di emak2 di MP dan forum TUM. Yang mana agak susah, karena yang merespon kurang..mungkin karena semarang kota kicik ya... Dokternya laki2, enak, ramah, kooperatif, pro ASI, penjelasannya jelas...saya merasa cocok. Hanya saja kami kurang cocok dengan suasana RS-nya, karena waktu antri harus berkumpul bersama pasien2 lain yang menunggu dokter spesialisnya masing2. Parno aja, takutnya Arza ketularan penyakit apaaa gitu..(maaaf) selain itu antrinya juga lamaaaa sekali. Waktu saya tanya ternyata beliau praktek di salah satu RS swasta yang termasuk "mahal"..ga masuk di kantong kami...
  2. Kembali ke dokter yang lama, di RSB Bunda Semarang. Yang bikin terkejut ternyata pak dokter ini sekarang rameeee sekali. Saya datang jam 6 sore dan dapat nomer antrian 11 biasanya antrian nomer 5. Baru bisa periksa jam 9 malam..beliau terlihat sudah capek dan buru2..penjelasannya juga pendek2..cuma kasih tahu HPL, dan menerangkan sedikit soal kondisi bayi di layar USG. Waktu saya tanya soal VBAC, beliau menjawabnya dengan sepintas lalu saja.. sampe rumah, saya baru ingat klo saya g ditimbang, g diukur tensinya dan g dikasih buku kontrol...hadeuuh...
  3. Waktu bulan Desember saat kehamilan 4 bulanan, saya mengalami pusing, diare, muntah yang berlebihan. Karena parno (lagi2..parno) saya datang ke salah satu RS Roemani Muhammadiyah Semarang  dan menemui dokter yang sedang praktek. G ada alasan khusus kenapa memlih beliau, pokoknya yang lagi jadwal praktek ajah.. Dokternya wanita, sudah agak sepuh.. G banyak omong..selama meriksa dan saya tanya2 tidak melihat wajah sya sama sekali. Langsung memvonis saya harus opname, harus melahirkan caesar lagi, g boleh breastfeeding during pregnancy...dan meresepkan obat serta vitamin yang banyak sekali dan harganya selangit... (g saya tebus). Dan absolutely,,saya g kembali ke beliau.
  4. Mencoba dokter di RS yang sama pada bulan berikutnya; berdasarkan referensi teman...dan nanya2 ke pihak RS.  Dokternya wanita, rameeee banget yang antri bejibun; Alhamdulillah dapat giliran pertama karena yang nomer2 sebelumnya lom dateng...hehehehhehe. Beliau ramah, rame dan banyak bercanda karena sesama asli Jatim. Tapi, pas ngelihat kandungan saya itu sebentaaaarr banget. Dari mulai pagang perut trus USG..g ada 5 menit. Waktu ngelihat ke layar USG pun cuma bilang..bayinya "ada" dan sehat. G diukur panjang ataupun BB-nya. Kelihatan terburu-buru banget..mungkin karena pasiennya banyaaakkkk.. Bayarnya muraaah..g nyampe 100 ribu.
  5. Waktu mudik ke Gresik, tiba saat saya kontrol dan mendatangi RS baru di Desa saya, bertemu doker spog laki2 yang lumayan sepuh. Beliau g banyak omong, waktu USG cuma menjelaskan "ini kaki, tangan, tlang rusuk, dan menjelaskan BB si kecil. Waktu saya tanya soal VBAC, beliau kurang setuju.
  6. Tanggal 22 April kemarin saya mendatangi RSB Bunda untuk menemui dokter yang biasanya (saya dan suami sudah sampai tahap "putus asa" dan meutuskan untuk kembali ke beliau). Tapi, ternyata antrian sudah penuh...sempat berunding dengan suami dan memutuskan menemui dokter lain saja karena saya merasa perut saya kurang enak. Akhirnya bertemu dokter wanita yang masih muda, cantik dan ramah luar biasa...enak sekali waktu diajak ngobrol. Tapi beliau menyarankan untuk kontrol selanjutnya ko dokter yang lama saja... Entahlah kenapa...
Hari ini harusnya kontrol lagi tapi ternyata si pak dokter ke luar kota sampai 2 minggu ke depan. Sedang gundah gulana apakah menunggu beliau atau ke dokter lain...Karena sudah masuk ke akhir2 masa kehamilan ya..jadinya saya ingin si kecil dipantau posisi dan bb-nya agar kejadian saat hamil Arza g terulang lagi ( pas kontrol di usia kandungan 9 bulan, baru ketahuan klo arza BB-nya besar dan terlilit tali pusar). Entahlah nanti dirundingkan lagi dengan suami...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar