20 April 2011

Tentang Clodi

Arza mulai pake Cloth Diaper ( Clodi) saat umur  bulan, tapi karena clodinya g banyak jadinya combine sama pospak (popok sekali pakai; pampers, mamypoko) dan celana pop. Akhirnya dengan jumlah clodi yang cuma 12 Arza bisa full clodi dengan catatan HARUS CUCI TIAP HARI dan CUACA BERSAHABAT. Jadi klo aku dah terlalu capek jiwa raga atau cuaca sedang senin-kemis panasnya ya Arza pake pospak lagi deh. Everything Goes Well sampai pada saat Arza udah 11bulan mulai timbul masalah di clodi2nya arza dari mulai rembes setelah pemakaian yang kurang dari 3 jam lalu bau pesingnya yang bisa bikin pusing..Jadi baunya itu bisa terngiang2 gitu seharian...setelah baca2 milis dan forum racun akhirnya distripping deh clodi2nya pake cara Direbus Air panas dan lumayanlah udah g rembes2 lagi tapi cuma bertahan 2 hari deh pas hari ketiga udah mulai rembes lagi. Trus cobain stripping pake cuka tapi tetep g ada perubahan.

Pas diinget2 apa ini karena detergennya ya..selama ini aku pke attack easy dan baca pengalaman beberapa mamas emang pake detergent ini amsih berasa pesing aja..begitupula yang kurasakan. Akhirnya hunting2 detergent khusus clodi dan hampir semua buibu pemakai clodi merekomendasikan Cycles, Ultraco dan Sabun Lerak/Klerak. Pertamanya sih cnyari2 cycle di OLS2 tapi pada habis dan klopun ada lokasi OLSnya jauh jadi males trus akhirnya ketemu MOMKLIN di sini.
gambar dari tokodiapers.com

Setelah nanya2 sama ownernya akhirnya bertekadn nyoba Sabun ini. Momklin itu Sabun dari Buah Lerak, diproduksi oleh salah satu IRT di Yogyakarta dan dikemas oleh Griya Kinanti. Komposisinya  Ekstrak Biji Lerak sebanyak 92%, harganya 15.000 ukuran 300ml.

Waktu baru datang lanngsung dicoba deh dan syenaaang karena busanya seuprit..dibilas dua kali aja udah hilang busanya mana baunya wangi dan segar. Insert GG yang biasanya Awet pesingnya sepanjang masa langsung segar deh. Tapi setelah dipikir2 percuma deh pake Detergent baru kan di clodinya Arza udah mengendap tuh sisa2 pemakaian detergent yang lama. Dan karena udah desperado serta trauma marissa dengan cara2 stripping manual akhirnya beli RLR Laundry Treatment di Jeng Eine, seharga 50.000.
gambar pinjem dari diaperjunction.com

RLR merupakan detergent produksi Cadie yang memang dikhususkan untuk menghilangkan residu dalam pakaian, membuat warna pakaian menjadi cerah kembali serta mengembalikan kondisi pakaian. Intinya meemperbaiki pakain yang udah butek deh baik warna maupun performa. Sebenarnya ini tidak khusus untuk clodi tapi klo baca2 di bungkusnya serta hasil ngobrol denag jeng Eine RLR ini bisa kok dimanfaatkan untuk menghilangkan residu detergen dan pipis dari clodi.

Langsung dicoba deh, semua clodinya arza dicuci lalu distripping pake RLR ini. Pemakaian RLR ini seperti detergent biasa dan bisa juga dicampurkan dengan detergent lain tapi karena ingin memaksimalkan performa clodi maka digunakan pada clodi yang sudah bersih alias tanpa dicampur detergent lagi. Ini step-step Stripping dengan RLR...
  1. Cuci bersih Clodi
  2. Larutkan RLR dalam air (!sachet bisa untuk 20 set clodi+insert)
  3. masukkan Clodi
  4. Kucek2 sebentar (klo pake tangan) atau puter bentar klo pake mesin cuci
  5. Rendam (ada yang bilang 30menit, tapi aku 10menit saja)
  6. Kucek2 bentar lalu bilas
  7. Bilas sampai busa-nya bener2 hilang ya.. Waktu itu aku ngebilas clodinya Arza sampe 12 kali...
  8. Lalu dijemur...sampe kering
gambar dari multiply.com
    Setelah distripping dengan RLR insert2 yang udah berwarna putih tua atau abu2 muda jadi kinclong lagi dan kembali lembuuuttt. SEtelah kering langsung dipake deh dan Alhamdulillah ada perubahan, clodi2nya aArza mulai balik lagi performanya walopun diakui bahwa g mungkin kayak awal2 dulu selain karena faktor usia dan intensitas cuci-pakai clodi juga karena makanannya arza yang mulai banyak dan bergam sehingga g kaget juga klo pipisnya buanyak dan mulai pesing ampun2an...
    Tapi..masih ada tapinya ya..Stripping denga RLR ini doesn't work well buat Coolababy, doi tetep rembes setelah 2jam dan pesingnya juga aweet banget nih clodi. Tapi clodi emang cocok2an ya...
    Semoga saja performa clodinya bisa bertahan seperti ini dalam waktu agak lama..biar jarang2 aja deh stripping pake RLR-nya. mahal siiihhh..

    1 komentar:

    1. puttt kyanya coolababy emg begitu deh..dr awal jg udah rembes n pesing hehe

      BalasHapus