5 Desember 2012

Antara Blogger dan Orang yang Punya Blog

Niat awal ngidupin laptop adalah mo bikin tulisan singkat tapi tiba-tiba saya baca postingan mbak Indah, dan sebagai pecinta giveaway langsung meluncurlah saya ke blog si empunya giveaway. Dan hadiahnya banyaks sekalee. Kebetulan lagi butuh modem dan hape baru.. ya ampuuun pas banget ya...

Setelah ubek2 tulisan beliau saya pun bingung karena tulisannya bagus-bagus sekali.. layak dipilih semua rayuan supaya menang tapi akhirnya saya memilih postingan ini http://erryandriyati.blogdetik.com/2012/05/16/koreahere-i-come/
Awalnya sempat takut mendapat somasi dari mbak indah trus dilarang baca blog-nya padahal masih menantikan ringkasan seminarnya bu elly risman.. tapi yang namanya terinspirasi toh bisa dari hal yang sama tapi memberikan efek-efek inspirasi yang berbeda-beda

Saya juga tertohok.. mak jleb.. tertampar oleh jawaban mbak erry yang ini..

Karena gue adalah ‘a real blogger. Menurut pendapat gue, ada perbedaan antara seseorang yang punya blog, dan a real blogger. Karena setiap orang bisa bikin blog dengan sangat mudah, tinggal klik doang.
Tapi untuk menjadi seorang blogger sejati, butuh komitmen dan konsistensi. Lo harus punya jadwal posting, dan lo juga harus meluangkan waktu untuk melakukan blogwalking. Gue juga tergabung dalam beberapa komunitas blogger seperti, Warung Blogger, Dblogger dan Kumpulan Emak Emak Blogger

Sebenarnya ngapain ya saya bikin blog.. bikinnya sih gampang.. mengumpulkan niat dan kemauan untuk menulisnya itu yang susah. Mengalahkan keinginan untuk seliweran di Fb dan twitter juga tak mudah. alhasil beginilah ya keadaan "orang yang punya blog" jauuuh banget dari sebutan blogger..
bikin postingan jarang-jarang.. tulisannya g mutu.. so yang komen pun tak ada. Pas blogwalking pun cuma berani baca2 doang cemen tapi g berani komentar.
Lha terus kenapa bikin blog?apa ikut-ikutan saja..supaya tetep eksis di dunia maya..
Setiap kali pertanyaan ini datang, saya beralasan ingin mengikat peristiwa dalam hidup saya dalam sebuah tulisan.. tapi klo memang seperti itu kenapa malas sekali menulis? saat berkutat dengan pekerjaan rumah dan anak.. ide2 yang akan ditulis muncul dengan liar di kepala. Begitu di depan laptop.. sibuk gegoleran di fesbuk, mp atau twitter

Selain itu saya sering kali iri tingkat dewa budjana kepada ibu-ibu yang jago masak.. tiap hari posting resep dengan foto menawan membahana.. bikin ngiler sekaligus nangis karena saya cuma bisa goreng ikan plus bikin sayur; bening, lodeh, sop muter2 itu aja.. Dan juga bikin sakit hati sekali saat bertanya-tanya gimana sih caranya bikin foto sekeren itu???
Lalu pas blogwalking,, nemuin ibu-ibu kreatif yang mampu bikin kerajinan, craft dari kain,, pandai menjahit.. menyulam.. huaaaaa.. langsung nangis darah...
Meninggalkan blog itu.. saya pun ke blog lain dan membaca cerita2 dari ibu yang sedang studi S2 atau S3 baik di dalam negri maupun di luar negri.. impian masa kecil yang terbawa ampe sekarang.
Ataupun serngkali membaca ringkasan seminar-seminar parenting yang diikuti oleh salah satu ibu blogger.. yang mana ringkasannya bagus sekali, seakan saya hadir di seminar tersebut.

Membaca itu semua membuat saya bergidik dan mengambil kesimpulan.. jadi memang harus pandai masak, bisa bikin carft atau punya cerita hebat, sering ikut seminar dan punya kemampuan meringkas yang baik.. baru deh bisa bikin tulisan yang bagus dan enak dibaca.. plus banyak yang komentar. Akhirnya saya pun galau menentukan isi blog ini.

Tapi setelah obrak-abrik blognya mbak erry saya tersadar ternyata ada banyak hal di sekitar kita.. cerita sehari-hari yang bisa kita tuangkan di blog.. melatih menulis sekaligus mengikat peristiwa dan sejarah dalam sebuah tulisan. Jadi malu dan merasa kurang bersyukur... Tulisan-tulisan di blog-nya pun jujur..sederhana.. membumi.. santai.. g ada istilah aneh dan berat2 untuk pencitraan plus memakai bahasa indonesia baku..Dan akhirnya saya tahu kenapa tulisan mba erry amat "terasa"

Dan yang paling penting adalah gue melakukannya dengan hati. Menurut gue ketika kita melakukannya dengan hati, maka kita pun dapat menyentuh hati pembaca kita

Last but not least nama blog-nya juga mengingatkan akan tokoh di majalah bobo.. majalah paporit waktu kecil.

Selain itu...Akhir-akhr ini saya sering heran bin aneh tentang beberapa orang terdekat saya yang cinta banget sama dunia korea (mulai artisnya, dramanya,  sampai pada life style-nya) itu membuat saya bertanya-tanya "ngapain sih?" "apaan sih?"
Tapi.. dari tulisan-tulisannya mbak erry saya jadi sadar.. segala sesuatu yang ditekuni.. dimaksimalkan...diberikan perhatian penuh..dan diusahakan semaksimal mungkin akan menghasilkan sesuatu yang besar dan hebat pula..
Siapa sangka mba erry berhasil ke korea,,, hanya karena rajin nonton drama korea, menikmati musik-musiknya plus nulis di blog...

Senang sekali membaca tulisaanya mba Erry.

Tentu saja.. tulisan ini dibuat untuk ikutan giveaway-nya Bibi Teliti http://erryandriyati.blogdetik.com/2012/12/04/bibi-titi-telitis-korean-giveaway/

6 komentar:

  1. wah udah mulai posting ya.. sy blm ikutan GA ini.. udah ada sih, cuma blm di ketik juga.. hehehe.. semoga sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak myra
      semoga mbak sukses juga..
      tapi, klo mbak myra ikutaaan... sangan saya nambah dong :(

      Hapus
  2. Hai mba Retno :)

    Jujur aja...
    Awalnya sama persis seperti mba Retno, BW sana sini dan merasa sedikit terintimidasi dengan berbagai blog keren yang pinter masak, bikin craft, kuliah sambil kerja, dll...hihihi...

    Akhirnya memutuskan untuk cuek dan jadi diri sendiri aja deh :)
    dan pokus ama hal hal yang bener bener aku suka...yah si drama korea ituh...hihihi...

    dan nama Bibi Titi Teliti ini emang aku ambil dari Majalah Bobo mba...dulu hampiiiir aja blog ku mau dinamakan Bibi Ketuk Pintu...hihihi...

    Makasih banyak udah partisipasi ikutan Give Away aku yah :)
    Sudah aku catet sebagai peserta yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata ada yang senasib.. hihihihi

      Tapi memang saya senang sekali baca2 postingan mbak erry.. kayak ngelihat kehidupan sehar-hari aja.. so real

      Hapus
  3. sekarang saya lagi belajar tak sekadar punya blog, tapi juga menjadi seorang blogger....

    semoga sukses ikut GA-nya ya....

    salam hangat
    dari jogja istimewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bapak.. saya juga.. tapi apa daya, kesibukan mengurus anak dan rumah sering menghambat keinginan saya.. ehheh

      tetrima kasih pak..

      doakan saya

      Hapus