9 Mei 2012

V B A C

VBAC (Vaginal Birth After Caesarea),,adalah melahirkan melalui vagina setelah pernah mengalami bedah caesar. Untuk artikel secara ilmiah bisa dibaca di bidankita.
Saat ketahuan klo hamil adiknya Arza, keinginan untuk VBAC ini langsung muncul..akhirnya banyak-banyak baca deh,, gabung di thread ini, join di GBUS, dan searching artikel2 soal VBAC.
Yang paling oke..nemu artikel ini.. dan baca2 di ayahbunda juga...selain itu saya juga semakin bersemangat saat membaca keberhasilan VBAC teman seperjuangan saya (mummyhilya) di thread Mei 2012.

Alhamdulillah dokter spog yang sekarang memberikan harapan bahwa saya bisa VBAC asalkan dengan syarat tidak terjadi Ketuban Pecah Dini (KPD). Saya sangat berharap bisa melakukan VBAC ini..kenapa? apakah karena ikut2an trend Gentle Birth? apa karena malu klo harus caesarea lagi?
Karena..
  1. Proses sc pada Arza dulu, setelah saya baca2 lebih banyak ternyata bisa dihindari.. Saya sama sekali tidak menyesal,,alhamdulillah arza sehat sampai sekarang. Hanya saja saya akui bahwa pada saat hamil Arza pengetahuan saya masih kurang, begitu ingin melahirkan normal tapi g tahu sebenarnya melahirkan itu seperti apa.. Bukan berarti saya sekarang fully educated soal melahirkan tapi at least pengetahuan saya sekarang lebih bertambah...
  2. Melahirkan itu proses alami yang hampir semua wanita dapat melaksanakannya..seperti juga menstruasi, hamil..dsb. Tidak perlu dipandang sebagai suatu penyakit apalagi dikomersilkan oleh para penyedia layanan kesehatan.
  3. Keuntungan dan kebaikan yang didapatkan dari melahirkan secara normal lebih banyak, penyembuhan lebih cepat, dan biaya juga lebih hemat.
Saya tidak jumawa dan terlalu percaya diri.. saya berusaha semampu saya... melakukan apa yang saya bisa,, banyak berdoa dan pasrah kepada Allah SWT. Semoga diberikan yang terbaik,,, semoga saya bisa tenang pada saat hari persalinan nanti..

Buat yang membaca tulisan saya entah karena sengaja atau tidak..please....doakan saya ya agar bisa melaksanakan VBAC untuk kelahiran anak saya yang kedua.. 
Terima Kasih

4 komentar:

  1. Aamiin..turut ngedo'ain dari sini mudah2an bisa VBAC ya put.

    Sedikit nambahin, emang kayak kata yg SPOGmu bilang,asal gak KPD.Bulan lalu kakak ipar mlahirkan anak ke2 lewat proses SC (lagi) krn bukaan gak nambah sdangkan ibunya gak boleh diinduksi krn udah pernah SC. sdangkan salah satu alesan diinduksi biasanya krn KPD, bukaan gak nambah2, dll.

    mudah2an kamu gak KPD ya, dan smua proses berjalan alami. Aamiin...

    BalasHapus
  2. aamiin, ikut mendoakan smg bisa tercapai keinginannya ya put, pokoknya yg terbaik buat ibu & anak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya netta.. berharap bisa VBAC tapi tetep pasrah juga.. apapun yang terbaik buat si bebi terutama..

      Hapus