5 Desember 2010

The 4 Day Wait Rule

Aturan 4 hari ini pertama kali saya baca di sini. Ini merupakan panduan bagi para prangtua saat memperkenalkan makanan solid kepada bayinya. Aturan ini penting untuk melihat reaksi dan sensitivitas bayi terhadap makanan, karena bayi yang selama 6 bulan hidupnya hanya mengenal ASI/Sufor maka perlu waktu pula bagi tubuh dan pencernaanya untuk mengenali, merasakan dan kemudian menentukan apakah makanan ini cocok bagi dia. Kenapa sampai 4 hari???menurut saya karena pencernaan bayi yang belum sempurna maka butuh waktu yang lebih untuk memtuskan reaksinya terhadap makanan.
Reaksi terhadap makanan bisa bermacam-macam...ada yang alergi dengan berbagai macam gejalanya namun ada pula yang berupa reaksi dalam BAB-nya baik dalam bentuk sembelit atau diare.

Aturan ini untuk arza harus didiskon menjadi 2 day wait rule karena selain emaknya g sabaran juga karena ternyata arza gampang sekali bosan seperti mamanya. Seperti saat makan alpukat mentega yang harganya mahal sekali karena belum musimnya arza terlihat lahap, doyan, semangat dan mangap terus..tapi itu hanya terjadi selama 2 hari saja, ketika hari ke3 diberi menu yang sama langsung deh buang muka ke segala arah... Tapi menurut saya, it's ok karena untuk MPASI awal ini makanan yang diperkenalkan masih makanan yang "ramah" artinya tingkat allergennya kecil. Kalopun ada, alergi atau atau sensitifitas pada makanan tersebut dapat dengan cepat teratasi.

Setelah kurang lebih 1 bulan MPASI akhirnya saya mulai dapat mengamati kesukaan dan kecenderungan arza terhadap makanan maupun cara makannya. Sejauh ini arza sudah makan
  • serealia; beras merah dan beras coklat
  • buah-buahan; pisang, apel, pear, alpukat, pepaya, belimbing
  • sayuran; labu parang, kacang hijau, buncis, ubi
Yang diberi warna merah merupakan favorit arza, sementara biru artinya g mau sama sekali saya mngucap syukur alhamdulillah karena saya juga g syuuukaaaa pepaya lalu yang dibold merupakan makanan yang memberi efek mencri2 terhadap arza. Untuk makanan lain arza biasa2 aja dan alhamdulillah tidak ada tanda alergi.
Alhamdulillah arza mau makan sambil duduk baik di bumbo, stroller maupun sepedanya. Tapi karena bumbo sudah dikembalikan akhirnya sekarang paling sering makan dengan duduk disepeda. Jarang makan di stroller karena kalau sudah di stroller arza maunya jalan2 mulu dan strollernya jadi kotor, begitu juga kalo duduk di karpet arza tidak bisa tenang karena hasrat untuk menjelajah dan mengacak2 rumah mengalahkan hasratnya untuk makan. Supaya makannya lancar, arza harus makan dalam keadaan sudah mandi, sudah mimik asi dan sudah tidur sebentar.

Sejak awal MPASI, arza sudah 2x makan bubur pada pagi dan sore serta buah pada siang hari. Tekstur buburnya juga tidak encer tapi kental bahkan cenderung padat...mirip bubur maizena. Kesimpulan ini baru bisa ambil setelah observasi selama seminggu alamaaaak bahasanya. Kalau buburnya encer maka arza akan terus mangap yang otomatis buburnya akan keluar sendiri dari mulutnya atau setelah disuap raza akan ngemut sesuatu entah itu pegangan stroller, ujung meja bumbo, setang sepeda atau bahkan menjilat lantai sehingga buburnya akan keluar lagi.
Tapi jika buburnya padat, maka dia suka karena ada aktifitas mengunyah dan juga tidak belepotan di pipi. Setelah makan arza tidak pernah mau minum air putih, entahlah kenapa jadi minum air putihnya biasanya barengan saat saya minum juga. Tidak harus sesudah makan.
Waktu awal MPASI-nya saat siang hari ketika makan buah arza BLW-an dan lumayan sukses karena arza langsung mengerti itu makanan dan langsung dimakan tapi karena booster-nya belum datang jadi BLWnya di pending dulu.
Tekstur BAB arza saat mulai MPASI masih sama dengan saat masih ASIX hanya saja lebih bau dan terlihat makanan yang dia makan keluar lagi. Sempat khawatir sih, tapi ternyata itu normal. Dan struktur BAB-nya mulai berubah jadi agak padat dan berupa ampas saat usianya sudah hampir 7bulan atau 6 bulan akhir. Senang karena memudahkan dalam mengucek clodinya.

Besok arza sudah 7 bulan, jadi makanannya akan lebih bervariasi seperti sudah mulai boleh diperkenalkan dengan protein seperti ayam dan setelah baca dari sana-sini saya memutuskan untuk memberikan nasi tim lembek dengan kombinasi berbagai sayuran untuk MPASI 7 bulannya arza. Untuk kali ini saya juga tidak membuat jadwal khusus, hanya melihat dari susunan menu dari milis untuk saya kombinasikan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. Dan akan menunggu arza berumur 7 bulan lewat seminggu saat memperkenalkan makanan barunya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar