23 Desember 2010

Arza 7 bulan

Tanggal 7 Desember kemarin yang lalu, arza tepat berumur 7 bulan...Alhamdulillah,,,arza dianugrahi Allah SWT kesehatan dan kepintaran yang luar biasa. Telat banget yah, nulis ini tapi emang agak disengaja sih sambil lihat perkembangannya arza lebih lanjut selama usia dia 7 bulan ini.
Usia 7 bulan, artinya sudah sebulan arza makan dan mulai bulan ini arza akan diperkenalkan dengan makanan baru seperti ayam, daging, ikan Klo ikan ini emaknya buru2,,tapi karena so far g ada alergi jadinya diterusin sajah.. juga tempe dan tahu. Maemnya juga udah naik level dari bubur gasol yang kentalll banget menuju ke bubur beras biasa yang dimasak dengan kaldu daging lalu ditambahkan sayuran...Saat pertama kali makan bubur beras dengan kaldu daging arza terlihat bersemangat 45, tapi lagi2 itu hanya bertahan 2 hari saja. Sampai di hari ketiga mulutnya sudah rapaaaatttt, akhirnya putra2 otak untuk kombinasikan bubur berasnya dengan ikan dan dia doyan..ya tapi tetap hanya 2 hari padahal ikan kan alerginya tinggi jadinya paling tidak harus dikenalkan selama 3 hari. Jadilah hari ketiga harus menyuapi arza dengan segala macam cara, dari mulai makan sambil jalan2, nnyanyi2, sambil maen, sampai makan dan emaknya ngelenong dan ngebadut.
Sampai hari ini, arza sudah menegnal daging, ikan mujair, ikan gabus, tahu, tempe dan untuk sayurannya arza mulai makan wortel, buncis dan sawi.
Saat masih 6bulan, beratnya arza sudah 8kg itu juga ditimbang pas sebelum mencret dan belum timbang2 lagi akhirnya pas 7 bulan ditimbang kok bertanya turun jadi 7,7kg....huwaaaaaa sedih deh, berrati turun banyak ya pas habis sakit...pas bertanya di bidan cara pa buat ngebalikin BB-nya langsung disuruh nambah sufor deh... Tapi saya belum menurutinya, bukannya saya anti sufor tapi menurut saya itu adalah alternatif terakhir. setelah banyak baca dan googling akhirnya saya memutuskan untuk meningkatkan kalori di makanan arza, salah satunya ya itu tadi mengenalkan daging merah dan juga keju. Jadi tiap mau makan, saya tambahin keju sedikit di makanannya. Belum tahu hasilnya sih,,besok baru mau nimbang badan...semoga dapat hasil yang baik...

Soal perkembangan motoriknya, alhamdulillah...berkembang dengan sangat baik dan pesat..saat usianya 7 bulan ini arza sudah bisa duduk, merangkak dan berdiri! Yup..awalnya sempat mengira arza cuma main2 aja, pingin ngerasain rasanya berdiri itu kayak apa sih..Tapi ternyata saya salah, arza memang beneran sedang latihan berdiri..dimulai dengan merangkak menghampiri meja kecil atau kursi lalu tangan kanannya menggapai meja atau kursi tersebut kemudian dilanjutkan dengan tangan kirinya. Setelah dua tangannya berpegangan, arza mulai duduk dengan lututnya..dan..setelah dirasa tumpuannya kuat dia pun berdiri!!!!Suprised sekali melihatnya...sejak saat itu hobinya berdiriiii terus, meraih segala sesuatu yang ada di meja, megang layar tivi dan yang jadi favorit arza adalah tape butut di rumah. Arza senang sekali dengan benda itu karena ada banayk tombol yang bisa ditekan, ada tempat kaset yang bisa dibuka dan kadang2 dia dapat menghidupkan tape itu sendiri....hehehheheheh.... Sejak bisa bediri, arza punya benda favorit yaitu meja lipat kecil dan punya pula tempat tongkrongan langganan yaitu di bawah meja....


Bahkan booster seat sekarang sudah beralih fungsi menjadi sarana untuk panjat-memanjat. Bicara mengenai alih fungsi, saya sekarang sudah berhenti membelikan arza mainan atau buku2 karena semua yang saya belikan cuma dihargai 2 jam..Arza akan terlihat exited selama kurang lebih 2 jam terhadap mainan atau buku barunya. Selebihnya dia lebih suka dengan remote, hp, botol, pasir, batu, koran, gayung..


Seiring dengan perkembangannya, ternyata ada dampak lain juga...akibat sudah bisa menjelajah tiap sudut rumah, arza sekarang jadi susah tidur, maunya main melulu...kalopun mau tidur harus ditemani dan saya tidak boleh bersuara atau beraktifitas samsek. mendengar getaran hape yang ada di meja aja dia bisa bangun, jadi dari mulai bangun jam 5 pagi sampai tidur lagi jam 7 malam arza hanya tidur selama kurang lebih 1 jam..hal ini mengakibatkan sudah tidak ada lagi acara online siang2, fesbukan, baca2 buku sambil ngemil, bersihin kamar apalagi tidur bagi saya di siang hari. Semua harus dilakukan di malam hari setelah arza tidur, padahal saat dia sudah tidur, badan saya juga sudah remuk redam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar