9 April 2012

It's So Complicated

G tahu harus ngomong gimana lagi..g tahu harus curhat sama siapa.. Sudah berkali-kali pula mengadu pada Allah SWT tapi entah hati saya yang sudah tidak bisa menerima hidayah..(kebanyakan dosa,,,hikss) atau sudah terlalu penatnya otak dan emosi ditambah labilnya hormon kehamilan ini...
Ya Allah...ampunilah dosa2 hamba...
  • Orang tua meminta saya melahirkan di Rumah ortu di desa..
Tapi saya agak keberatan..kenapa?
- Saya ingin dekat dengan suami saya, agar suami ikut mengurus anaknya sejak dari newborn sehingga bonding antara anak saya dan ayahnya akan lebih cepat tercipta. Karena, bonding antara Arza dan Ayahnya baruu2 aja tercipta akibat LDL (Long Distance Relationship) saat awal2 saya melahirkan.
- Fasilitas kesehatan disini lebih memadai..jarak ke RS2 dekat dan transportasi juga mudah.
- Karena kami pendatang, kantor suami juga jauh..(di Bandung) maka saya berharap akan minim intervensi dan juga kunjungan yang terbukti pada kelahiran Arza, kedua hal tersebut membuat saya baby blues parah.
- Ibu-Bapak saya bekerja, punya usaha wiraswasta di Rumah. Beliau berdua amat sangat sibuk.
- Di rumah, ada kakak laki2 saya (kakak kandung) beserta istri dan anaknya. Kebetulan Rumah tangga mereka sedang tergoncang sehingga terpaksa tinggal d rumah ortu saya. Suami Istri ini bekerja, sehinnga anaknya diasuh oleh Ibu dan Bapak saya.
-  Kalau saya di rumah, maka ibu dan bapak saya harus merawat usahanya, merawat keponakan, merawat anak saya dan juga SAYA. Alangkah sibuk dan capeknya, walopun saya yakin mereka akan senang2 aja dengan kondisi tersebut tapi...saya merasa segan karena sudah segede gaban gini kok masih ngerepotin ortu.

Yang jadi alasan utama ortu saya adalah "Takut Arza Rewel" (saat menjelang kelahiran) dan kami berdua tidak mampu mengatasi.. IMO, hal tersebut wajar dan pasti terjadi, tapi saya dan suami adalah mama dan ayahnya..kami setiap hari bersama Arza..jadi at least kami tahu apa2 hal yang menjadi kesukaannya yang bisa menghentikan tangisan dan kerewelannya.
Saya amat sangat yakin sekali klo ortu saya amat menyayangi arza, tapi tentu berbeda denga kasih sayang yang kami berikan.
Saya tidak ingin saat adiknya lahir nanti, arza merasa tersisihkan akibat main sama mbah sementara adek sama mama dan ayah,. Saya dan suami akan berusaha sekuat tenaga tetap bersama arza..memberinya kasih sayang tanpa berkurang.. biar arza bisa merasakan keluarga lengkap; ada ayah, mama dan adik.
Saya sadar, tentu akan sangat sulit pada awalnya, tapi kalau tidak dijalani tentu kami tidak akan pernah bisa..tidak akan pernah tahu...

Ortu saya sudah sampai pada tahap memaksa, mengeluarkan segala jurus2nya bahkan merayu mertua untuk membujuk suami saya. Suami saya pun mulai luluh...tapi saya merasa..(semoga ini bukan keegoisan saya) bahwa saya butuh suasana tenang, nyaman dan tentu saja do'a serta ridho dari ortu dan mertua saya. Kalau saya terus menerus dikhawatirkan oleh ortu saya...hikssss saya harus gimana..
Seratus persen saya sadar bahwa kekhawatiran dan "paksaan" dari ortu adalah bukti kasih sayangnya yang besar kepada saya adn Arza tapi, saya juga pingin belajar mandiri dan tidak lagi merepotkan ortu walopun saya yakin beliau berdua tidak merasa direpotkan.
  • Ortu saya sangat ingin saya bekerja kembali.
Sejujurnya dari lubuk hati yang paling dalam,saya juga ingin kembali bekerja. Saya tetap berusaha mencari kerja, tapi tentu saya tidak sebebas dulu karena saya punya tanggung jawab terhadap keluarga, suami dan anak saya. Ortu saya sampai meminta tolong kepada salah satu temannya yang pejabat untuk mencarikan saya lowongan, beliau berjanji dan akhirnya saya diberikan kerjaan. Alhamdulillah,,tapi karena memang hasil meminta "tolong" maka ada banayk sekali ganjalan dan halangan.
- Surat panggilan tidak disampaikan kepada saya dengan alasan "tidak ketemu alamatnya".. padahal nomor hape saya sudah tercantum. Klo memang berniat mengabari bisa dengan menelpon saya.
- Pemanggilan untuk mengikuti seminar atau penyuluhan selalu disampaikan mepet bahkan pada hari H.
- Hari ini Beliau menelpon saya dan mengatakan ada penyuluhan selama 3 hari di Kepanjen, Malang; mulai hari ini. Beliau menghubungi bapak saya dan mengabari akan adanya penyuluhan tersebut dan beralasan bahwa kemarin beliau menghubungi saya tapi tidak bisa. Padahal seharian kemarin hape saya dalam keadaan ON. Dan klopun memang beliau menghubungi saya dan g nyambung, bisa langsung telpon bapak saya. Tapi nyatanya beliau menghubungi bapak saya pagi ini. HUffttttttt...
Bapak saya marah, menyalahkan kenapa saya g stay di sana saja, kenapa harus kembali ke Semarang.. Sebenarnya saya ingin berkata kepada bapak bahwa mungkin beliau kurang berkenan memberikan pekerjaan itu kepada saya karena melihat berbagai alasan dan cara beliau. Tapi saya tidak tega mengatakan hal tersebut.
Dan kalau dirunut-runut sebenarnya kengototan ortu untuk mencarikan saya pekerjaan selain memang ortu ingin saya kembali bekerja juga karena beliau berdua ingin saya melahirkan di sana dan tinggal di sana. Entahlah,,, saya terkadang bingung dengan ortu saya..masih amat menginginkan saya tinggal di rumah mereka padahal saya sudah punya suami.

Tulisan ini saya publish bukan untuk menunjukkan kekurangan ortu saya, tapi merupakan bukti bahwa kasih sayang ortu tidak pernah putus dan sepanjang masa. Selain itu, adanya masalah ini sama sekali tidak mengurangi rasa hormat dan cinta kasih saya kepada beliau

Ya Allah, ampuni hamba...hamba hanya manusia yang penuh dosa...jika keputusan yang hamba ambil salah..mohon berikanlah petunjuk. Hamba tahu, engkau lebih tahu apa yang terbaik untuk hamba..

2 komentar:

  1. yang sabar say
    kadang2 emang ga semua bisa berjalan mulus sesuai mau kita, masing2 melihatnya dari sisi yg berbeda jadi merasa kl itu yg terbaik, tapi Insya Allah nanti ada jln terbaik buat semua,aamiin :)

    sehat2 terus ya....

    sun sayang buat arza :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih netta..

      Doain ya..

      Sun balik dari Arza buat tante netta..

      Hapus